TNI Dan Polri

TMMD Merupakan Salah Satu Program Pemberdayaan Masyarakat dan Percepatan Pembangunan Desa

Bengkayang, BernasJakarta.ID – TMMD ke- 111 Tahun 2021 telah dimulai secara serentak dilakukan di seluruh Indonesia, untuk wilayah Korem 121/Abw dilaksanakan di kabupaten Bengkayang kecamatan Seluas desa Sentangau Jaya wilayah Kodim 1202/Skw.

Kali ini ada beberapa yang menjadi prioritas kegiatan TMMD dengan sasaran fisik dan Non Fisik, sasaran fisik diantaranya pembangunan perehapan gereja Kristoforus dan MCK, perehapan Posyandu Tulip, Pembuatan jalan rabat beton, perehapan jembatan, perehapan Masjid Alafalah beserta MCK.

Sasaran non fisik diantaranya penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Penyuluhan Kamtibmas, Hukum dan Ham, penyuluhan Narkoba dan miras, Pencegahan Karhutla, Gerakan masyarakat hidup sehat, Cegah Tangkal Radikalisme dan Sparatisme, penyuluhan Langit Biru dan Cuka Kayu, Penyuluhan KB, penyuluhan pencegahan Covid-19, Werving TNI AD, penyuluhan syarat tumbuh Jagung, Penyuluhan Budidaya Kedelai, dan Penyuluhan Pencegahan bahaya Stunting.

Kegaiatan TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 15 Juni 2021 sampai dengan 15 Juli 2021 diharapkan selesai tepat pada waktunya sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat setempat. Kegiatan TMMD ke-111 dengan mengambil tema, TMMD WUJUD SINERGI MEMBANGUN NEGERI,”

Menurut Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny saat pembukaan mengatakan,” Program TMMD merupakan salah satu wujud yang diprogramkan oleh Presiden Bpk Joko Widodo yaitu Nawacita, diantaranya cita ke tiga ” Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hal ini sudah tepat kegiatan TMMD dilaksanakan di kabupaten Bengkayang, dimana merupakan daerah perbatasan dengan negara Malaysia,” ujar Danrem 121/Abw pada Selasa (17/6/2021).

TMMD juga merupakan salah satu program Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu dengan kementerian, lembaga Pemerintahan non kementerian, POLRI, Pemerintah Daerah beserta seluruh komponen masyarakat.

“Dengan sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan fisik, dan juga sasaran non fisik. Untuk kali ini kita prioritaskan di daerah perbatasan,” ungkap Danrem 121/Abw.

Saya juga sangat mengapresiasi kepada Pemerintah kab. Bengkayang melalui DPMD dan seluruh stakeholder yang terlibat, baik kementerian maupun non kementerian serta BUMN dan BUMD, atas dukungan kegiatan TMMD di Kabupaten Bengkayang .

Tujuan TMMD adalah manunggalnya TNI dengan rakyat, karena TNI berasal dari rakyat, untuk itu rasa ingin berbaur dengan rakyat sangat diidam-idamkan sekali oleh TNI, membaur itu tidak hanya dalam bentuk bergaul saja namun lebih produktif dengan manunggalnya TNI dengan rakyat yang diaplikasikan dengan suatu kegiatan, seperti halnya TMMD.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) secara rutin dilaksanakan setiap tahun, saat ini dilaksanakan tiga kali karena telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hal ini sejalan dengan upaya kita didalam percepatan dan pemerataan pembangunan. Disamping itu, program TMMD ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program program pemerintah baik pusat maupun daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah perbatasan.

“Sehingga diperlukan semangat kebersamaan yang kuat untuk maju, didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan termasuk TNI dengan TMMD-nya, “ jelas orang nomor satu di Korem 121/Abw.

Saya berharap agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya selama 30 hari pelaksanaan TMMD ini agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan masyarakat.

Apa yang dihasilkan dalam program TMMD ini dapat berguna dan dimanfaatkan untuk kepentingan kita bersama.

“Kepada saudara Badan/Dinas/Instansi yang memiliki keterkaitan program dengan TNI Manunggal Membangun Desa ini, saya berharap untuk dapat melaksanakan kegiatan secara sinergis, terpadu sehingga akhir dari kegiatan ini nantinya dapat benar-benar maksimal, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu menurut Wakil Bupati Bengkayang bpk Drs. H. Samsul Rizal mengatakan,” Ucapan terimakasih kepada TNI atas kepercayaannya kepada kabupaten Bengkayang terutama di kecamatan Seluas yang menjadi tempat TMMD tahun 2021, hal ini merupakan bentuk membangun silahturahmi, membangun kebersamaan , membangun gotong royong antara TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat khususnya kabupaten Bengkayang kecamatan Seluas.

Sasaran TMMD yaitu daerah terpencil, daerah tertinggal, terisolir, dengan adanya kegiatan ini dapat membuka akses, bagi kecamatan Seluas desa Sentangau Jaya, membuka wawasan sehingga ke depan daerah ini akan lebih baik,” tutur Wakil bupati.

Harapan saya dengan adanya kegiatan TMMD ini, daerah kecamatan Seluas akan terbuka, akan lebih baik, karena daerah ini termasuk daerah perbatasan dengan negara Malaysia sehingga pembangunan akan lebih maju lagi,” pungkas Wakil Bupati.

Menurut Dandim 1202/Skw Letkol Inf Condro mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan suatu kebersamaan dalam membangun daerah Bengkayang melalui kegiatan TMMD.

Serta dipilihnya sasaran TMMD di kecamatan Seluas khususnya di desa Sentangau Jaya ini untuk membuka akses sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga atau masyarakat desa Sentangau Jaya.

“Desa ini termasuk desa terpencil dan merupakan daerah perbatasan dengan negara Malaysia sehingga sudah tepat sebagai sasaran TMMD.,” Ungkap Dandim 1202/Skw.(Penrem 121/Abw/Aldy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button