Advetorial

Bang Zul Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Adakan Sosialisasi QRIS di Situbondo Bersama BI

JAKARTA, Bernas.jakarta.id – Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan Jawa Timur III melingkupi Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi Zulfikar Arse Sadikin, S.IP, M. Si, menggandeng Bank Indonesia Jember untuk mengadakan kegiatan diskusi Publik.

Diskusi Publik dengan mengambil tema “Pemanfaatan QRIS sebagai alat transaksi alternatif UMKM di Situbondo serta pengendalian Inflasi Daerah” dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember, Bapak Andhi Wahyu Riadno, didampingi oleh Saudari Tita Ajeng dan Fadila.

Perwakilan Bank Indonesia Jember Andhi Wahyu Riadno menjelaskan bahwa bank Indonesia memiliki 3 tujuan Utama dalam Undang undang Nomor 4 tahun 2023 dengan tujuan Bank Indonesia mencapai stabilitas nilai Rupiah, memelihara stabilitas system pembayaran dan turut menjaga stabilitas system keuangan.

“Untuk menjaga stabilitas nilai rupiah, juga harus dijaga kestabilan barang, harga dan  kestabilan nilai rupiah,” beber Andhi Wahyu Riadno.

Dalam kesempatan yang sama Tita Ajeng juga menjelaskan tentang apa itu inflasi dimana inflasi menurutnya dikelompokkan menjadi dua yaitu Inflasi inti dan Inflasi non-inti,”Inflasi Inti yaitu komponen inflasi yang cenderung menetap dan persisten di dalam pergerakan inflasi dan dipengaruhi oleh faktor fundamental seperti intraksi permintaan – panawaran dan lain lain, ” ungkapnya

Sementara Inflasi non Inti adalah Komponen Inflasi yang cenderung tinggi volatilitasnya karena dipengaruhi oleh selain faktor fundamental yang terdiri dari komponen bergejolak, komponen harga yang diatur oleh pemerintah dan komponen inti.

“Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu, ” jelasnya menjawab pertanyaan salah seorang audien.

Bank Indonesia memberikan penjelasan kepada peserta tentang QRIS mempermudah transaksi jual beli dan memperlancar kegiatan UMKM.  setiap nasabah Bank tinggal membuat rekening bank dan minta kepada petugas mengaktifkan QRIS.

Sebagai mitra Bank Indonesia Anggota DPR RI Komisi XI Zulfikar Arse Sadikin,S.IP, M.Si atau yang karab disapa bang Zul meminta agar sosialisasi sering dilakukan agar masyarakat semakin paham tentang Inflasi dan pengendaliannya.

“Masyarakat juga harus berhati hati saat menggunakan QRIS agar terhindar dari penipuan, ” singkatnya.

Acara diskusi Publik kemudian dilanjutkan denga sesi tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama yang dilanjutkan dengan pembagian door prize kepada peserta terbaik berupa kaos dan cindera mata menarik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button