TNI Dan Polri

Pelantikan Bintara Polri Tahun 2021 di SPN Mandalawangi Polda Banten Digelar Hari Ini

BERNASJAKARTA Pandeglang-Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari memimpin upacara pelantikan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba)

Polri tahun 2021 di SPN Mandalawangi Polda Banten pada Rabu (22/12).

Dalam kegiatan ini Wakapolda Banten didampingi Pejabat Utama Polda Banten dan dihadiri oleh Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah, Dandim 0601/Pandeglang Letkol Dedi Setiadi dan undangan lainnya.

Dalam pelantikan kali ini ada sebanyak 399 siswa yang dilantik menjadi Bintara Polri yang terdiri dari pengiriman Polda Papua 50 siswa, Polda Papua Barat 147 siswa dan Polda Banten 202 siswa.

Adapun proses pelantikan diawali dengan pemeriksaan pasukan, pengambilan sumpah, penanggalan tanda siswa dan pemasangan tanda pangkat efektif.

Kemudian penyerahan ijazah, pemberian penghargaan kepada tiga siswa terbaik, pernyataan penutupan pendidikan oleh Wakapolda Banten selaku Inspektur Upacara dan terakhir ditutup dengan peragaan ketrampilan oleh Bintara yang baru dilantik.

Dalam sambutannya Ery Nursatari menyampaikan amanat Kalemdiklat, ‚ÄúDengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua, hari ini telah melekat pada diri saudara, tugas, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang bertugas untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum yang adil guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Wakapolda.

“Amanah ini yang harus saudara selalu ingat, junjung tinggi dan laksanakan dengan sepenuh hati, penuh kebanggan, kehormatan dan ingin selalu berbuat baik,” kata Wakapolda.

Wakapolda menambahkan bahwa Bintara yang baru dilantik akan menjadi garda terdepan dan langsung bersentuhan dengan masyarakat. “Bulatkan tekat dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti kepada institusi Polri,” tambah Wakapolda.

Setelah itu ada beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh para Bintara Remaja. “Beberapa penekanan saya yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh para Bintara Remaja sekalian sebagai bekal memasuki tugas dilapangan yaitu, tingkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan, pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya, pahami dengan baik dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat, terakhir bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat,” ucap Wakapolda.

Terakhir Wakapolda mengucapkan selamat kepada orang tua atas keberhasilan putranya menjadi Bintara Remaja Polri yang baru. “Keberhasilan saudara merupakan perjuangan yang panjang, doa orang tua dan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh karena itu jangan sia-siakan semua usaha, perjuangan dan cita-cita yang ingin saudara raih,” tutup Wakapolda. (KONTRI BERNAS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button