Megapolitan

Gempa yang Terjadi di Banten Terasa Hingga ke Wilayah Ibu Kota Jakarta

BERNASJAKARTA – Bencana gempa bumi mengguncang wilayah Sumur, Banten, dan Jakarta, pada Jumat (14/1/2022) sore, Pukul 16.05 WIB.

Gempa yang terjadi di Banten itu terasa hingga ke wilayah Ibu Kota, dimana berlangsung kurang lebih selama 30 detik.

Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7 itu diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dimana berada pada barat daya kabupaten Sumur, Banten.

Episentrum atau titik gempabumi di Kabupaten Sumur, Banten hari ini Jumat sore, pukul 16.05 WIB ini berada pada koordinat 7.01 Lintang Selatan – 105.26 Bujur Timur.

BMKG Jakarta menjelaskan, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Sumur, Banten dan Kota Jakarta Hari Ini 14 Januari 2022 Pukul 16.05 WIB tidak menimbulkan potensi tsunami.

Gempa yang terjadi di Kabupaten Sumur, Banten pada 14 Januari 2022 pukul 16.05 ini dirasakan oleh sejumlah daerah di Sumur, Banten.

Antara lain, Sumur, Banten dan beberapa wilayah Jakarta Pusat hingga Tangerang dan sekitarnya.

Sebagai informasi, Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan getaran gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di lokasi kejadian.

Pada skala II, getaran gempa dirasakan hanya beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan, dalam skala III, getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Bahkan getarannya seakan-akan ada truk yang melintas.

Adapun skala IV, pada siang hari getaran dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela-pintu berderik, dan tembok berbunyi.

Sampai berita diturunkan, belum diketahui bangunan yang rusak akibat gempa Gempa Bumi di Kabupaten Sumur, Banten, Jumat Sore, pukul 16.05 WIB Skala 6,7 SR tersebut.

Di kesempatan yang sama, BMKG menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati terhadap gempa susulan yang akan terjadi sewaktu-waktu. (KONTRI BERNAS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button