BisnisMegapolitanRagam

Tingkatkan Ekspor Nasional, LPEI dan LDKPI Tanda Tangani MoU

Jakarta, BeritaNasional.id – Lembaga Pembiayaan Ekspor Nasional (LPEI) terus memperluas jaringan kerjasama untuk meningkatkan ekspor nasional. Kali ini, LPEI merangkul Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan Internasional (LDKPI), Rabu (21/9/2022).

Kerjasama tersebut dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak. Dari pihak LPEI diwakili oleh Direktur Eksekutif, Riyani Tirtoso. Sementara dari pihak LDKPI diwakili oleh Direktur Utama, Tormarbulang Lumbantobing.

Keterangan yang disampaikan Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso mengatakan, kerjasama tersebut dilakukan dengan tujuan untuk peningkatan ekspor nasional dan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. “Kami ingin meningkatkan pertumbuhan ekspor nasional yang ditargetkan tumbuh hingga 7,9 persen di tahun 2022 ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Riyani menjelaskan, terhitung hingga bulan Agustus 2022, kinerja ekspor Indonesia mendapat rekor tertinggi dalam sejarah. Yakni 27,91 miliar dollar atau naik 30,15 persen. “Oleh sebab itu, kami akan terus berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM yang berorientasi ekspor guna mengembangkan dan memajukan usaha mereka hingga ke kancah pasar global,” paparnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Riyani, namun dia juga menjelaskan, untuk meningkatkan ekspor UMKM, pihaknya memberi dukungan dalam bentuk penyediaan fasilitas pembiayaan, penjaminan, asuransi, hingga jasa konsultasi. “Dengan fasilitas ini kami harap bisa bersinergi dengan LDKPI dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pemberian hibah. Sehingga langkah ini dapat mendukung peningkatan ekspor nasional,” tegasnya.

Riyani juga mengatakan optimis ke depan kerjasama antar dua instansi tersebut bisa semakin meningkat. “Kami berharap peluang kolaborasi dengan LDKPI dapat terus ditingkatkan. Selain itu, kerjasama juga dapat menciptakan manfaat yang diharapkan serta meningkatkan peran dan kontribusi LPEI dalam mendukung kerjasama pembangunan internasional,” tegasnya.

Dilain pihak, Direktur LDKPI, Tormarbulang Lumbantobing mengatakan bahwa, kerjasama antara LPEI dengan LDKPI, merupakan hal yang sangat baik. Dengan adanya kolaborasi dengan LPEI, maka pihaknya yakin akab dapat mendorong peningkatan ekspor.
“Khususnya pada pasar non-tradisional melalui paket pembiayaan dan pemberian hibah dalam bentuk kerjasama pembangunan internasional,” terangnya.

Tormarbulang Lumbantobing juga menyampaikan bahwa pemberian hibah diharapkan dapat mendukung pengenalan dan menambah daya tarik konsumen asing terhadap produk nasional. “Sehingga ekspor nasional kita semakin meningkat,” tutupnya. (Heru/Bernas)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button