Megapolitan

Resmikan Program “Ayo Vaksin”, Mendagri Beri Apresiasi ke Penyelenggara

JAKARTA, BernasJakarta.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meresmikan program “Ayo Vaksin” yang digelar Gerakan Pencinta Sosial di Food Garden Seasons City Jakarta, Jumat (8/10/2021). Mendagri berharap program tersebut dapat ditiru oleh elemen masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Mendagri memberikan apresiasi kepada penyelenggara gelaran tersebut, karena terlaksana atas inisiasi dari pihak nonpemerintah. Hal itu, kata Mendagri, menjadi poin penting dari sekian kegiatan vaksinasi yang dia kunjungi. “Kalau (yang menyelenggarakan) pemerintah sudah sering yang saya jalani, itu poin penting yang saya terima hari ini,” kata Mendagri.

Untuk itu, Mendagri berharap, kegiatan tersebut dapat ditiru oleh organisasi atau elemen masyarakat lainnya. Alasannya, kebersaman menjadi kunci keberhasilan penanganan Covid-19 yang dicapai oleh Indonesia saat ini. Kebersamaan itu, lanjut Mendagri, meliputi pemerintah baik pusat dan daerah, dengan pihak nonpemerintah, termasuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Sehingga inisiatif-inisiatif dari masyarakat untuk vaksinasi ini sangat membantu, jangan hanya mengandalkan pemerintah saja, silakan, kita berkolaborasi,” ujar Mendagri.

Selain itu, Mendagri juga mengimbau, agar masyarakat tidak ragu untuk mengikuti program vaksinasi. Alasannya, proses pembuatan vaksin sudah melalui penelitian secara ilmiah oleh para tenaga medis yang andal. Mendagri menekankan, vaksinasi penting dilakukan untuk memunculkan antibodi dalam tubuh guna melawan virus Covid-19.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Pecinta Sosial Irjen Pol (Purn) Hamidin menuturkan, program “Ayo Vaksin” bakal digelar selama tiga hari dari 8 hingga 10 Oktober 2021. Program tersebut menargetkan 2.000 masyarakat dapat disuntik vaksin, dengan setiap harinya dibatasi 700 penyuntikan. “Jadi 700 selama tiga hari, akan ketemu angka 2.100,” katanya.

Hamidin menambahkan, selain menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya lainnya untuk membantu penanganan Covid-19. Upaya itu di antaranya seperti menyediakan ratusan tabung oksigen yang dilengkapi ventilator, mengumpulkan obat-obatan, serta menyediakan donor plasma konvalesen. Semua upaya itu, kata dia, diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button