Bisnis

Selama Pandemi Transaksi Online Tumbuh 96 Persen, Dompet DIGITAL DANA Buat Aplikasi Dengan QR Code Bank

BeritaNasional.ID,JAKARTA – Selama pandemi Covid-19 terjadi, dompet digital DANA mencatat peningkatan transaksi dengan menggunakan DANA, khususnya untuk transaksi online yang naik hingga 96 persen.

Kenaikan itu berdasarkan aktivitas transaksi pembayaran, kenaikan paling tinggi terjadi pada transaksi pembayaran kebutuhan rumah tangga (Bill Payment) dan transfer uang yang masing-masing meningkat lebih dari 40 persen dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

“Fitur Kirim Uang tercatat sebagai fitur yang paling banyak digunakan selama pandemi. Ini menandakan semakin menguatnya kepercayaan terhadap keunggulan dan keamanan teknologi digital dalam mendukung aktivitas dan produktivitas masyarakat sekaligus indikasi positif meningkatnya inklusi digital di bidang finansial,’’ kata Vince Iswara, CEO dan co-Founder DANA. Rabu 30/12/2020.

Dalam keterangannya Vince iswara mengatakan, guna memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat sekaligus memperluas akses dalam bertransaksi nontunai, khususnya transfer uang, DANA kini menghadirkan fitur ‘Minta Uang’ dengan QR code akun bank. Metode ‘Minta Uang’ ini memiliki keunggulan yang membedakannya dengan yang lain karena pengguna bisa menyimpan QR code beberapa bank.

“Untuk menjawab meningkatnya kebutuhan masyarakat bertransaksi nontunai, khususnya melakukan pengiriman uang, DANA bekerja sama dengan sejumlah bank untuk menghadirkan fitur permohonan pengiriman uang dengan menggunakan QR code. Ini merupakan komitmen DANA untuk terus menghadirkan pengalaman bertransaksi nontunai yang mudah, praktis, aman dan nyaman,” ujarnya.

Fitur ‘Minta Uang’ ini dapat digunakan oleh semua pengguna DANA sebagai opsi penerimaan uang dalam aplikasi DANA dengan tujuan akun bank.

“Dengan fitur ini, pengguna bisa menyimpan hingga lima QR code bank tujuan penerimaan uang. Selain untuk kebutuhan transfer sehari-hari, fitur baru ini juga bisa memudahkan penghimpunan dana untuk kegiatan yang sifatnya keanggotaan, seperti arisan dan donasi, maupun acara tertentu tanpa diperlukan kontak fisik,” lanjutnya.

Seperti halnya fitur Kirim Uang, pengiriman uang melalui fitur baru ini tidak dikenakan biaya (gratis) untuk maksimal 10 kali transfer per bulan. Sementara itu, nominal minimal transaksi lewat fitur ini adalah Rp50.000. Sementara untuk transaksi di bawah itu dikenakan biaya transfer yang ditetapkan Bank.

Untuk bertransaski pengiriman uang caranya cukup mudah. Pengguna hanya cukup klik ikon ‘Request’ pada halaman utama DANA, kemudian ‘Add Bank Accounts’. Selanjutnya, isi nama bank dan nomor rekening bank milik pengguna.
Sebelum masuk ke QR Code akun bank Pengguna diwajibkan mengecek nama dan nomor rekening untuk validasi dan nominal yang akan ditransfer atau di bayarkan.

Pengguna juga dapat membagikan QR melalui WhatsApp, LINE atau platform media sosial lainnya. Pemohon akan mendapatkan notifikasi jika pengirim sudah berhasil mengirim uang.

Sementara bagi penerima link (tautan) QR code Bank, Penerima tautan akan langsung diarahkan pada proses transfer tanpa perlu menuliskan kembali nominal maupun rekening yang dituju untuk melakukan transfer. Notifikasi akan muncul di ponsel pemohon begitu transfer berhasil dilakukan.

Related Articles

Back to top button