Hukum

Puluhan Remaja Diamankan Polresta Tangerang Terkait Janjian Tawuran Dimedsos

BERNAS JAKARTA Polisi mengamankan puluhan remaja dari tiga kelompok gangster yang berencana melakukan aksi tawuran di Kabupaten Tangerang, Banten, pada Minggu (19/12/2021). Tiga kelompok gangster itu di antaranya Bikini Bottom, All Star dan Reuni Akbar.

“Berawal dari siaran langsung ajakan aksi (tawuran) di medsos yang disiarkan langsung. Jatanras dan Satreskrim Polresta Tangerang menangkap tiga kelompok berandal jalanan,” ungkap Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Kelompok All Star ditangkap di base camp mereka di Perum Adiyasa, Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Ada 16 orang yang ditangkap, dengan ketuanya berinisial AM (17), MEF (17) dan FR (17).

Shinto menjelaskan, dari markas kelompok All Star disita pedang, celurit dan golok sisir (gosir) yang dimiliki oleh SI (17), RAA (16), FH (16) dan BAW (15). Sedangkan di Pondok Angkringan, Cisoka, diamankan empat anggota Bikini Bottom, yakni AKW (21), AM (19), BW (17) dan AG (20).

Kemudian di titik ketiga, Komplek Kirana, Cisoka, gengster dari Reuni Akbar ditangkap. Polisi menyebut Ketua Reuni Akbar berinisial EP alias Bogel (22) adalah sosok yang meminta AKW dari geng Bikini Bottom untuk mengumpulkan massa tawuran. Di lokasi ini, ada 18 orang yang diamankan.

“Total dari 38 yang diamankan, sembilan di antaranya secara sah dan pasti menjadi tersangka. Kemudian dari sembilan tersangka, tujuh berstatus anak-anak dan 2 dewasa,” tuturnya.

Para tersangka akan dikenakan Pasal 2, Undang-undang (UU) darurat nomor 12 tahun 1951, tentang penguasaan senjata tajam secara ilegal dengan ancaman pidana 10 tahun penjara. Kemudian untuk EP alias Bogel (22) dan AKW (21), dikenakan pasal 55 KUHP.

“Terhadap tujuh tersangka yang masih berstatus anak-anak, tidak diperlakukan seperti tersangka dewasa, sesuai Undang-undang (UU) nomor 11 tahun 2012, tentang sistem peradilan pidana anak,” tukasnya. (KONTRI BERNAS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button