Ragam

Mewakili Buteng Desa Napa Ikut Lomdeskel Tingkat Provinsi

BUTON TENGAH, BernasJakarta.ID – Mewakili Buteng Desa Napa kecamatan Mawasangka Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) Dinilai tim lomba Desa Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi. Ini mempunyai tujuan untuk menunjang kemajuan desa dan kelurahan, kabupaten maupun provinsi.

Menggunakan Mobil PKK Buteng Tim penilai Lomdeskel tiba di desa Napa. Kamis (24/6/2021).

Dalam sambutanya Syaifullah yang memimpin tim fasilitasi evaluasi perkembangan desa serta lomba desa dan kelurahan DPM Sultra. Menjelaskan bahwa dasar dari lomba desa ini adalah peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Yang kedua intrupsi Mentri dalam negeri (Mendagri) nomor 3 tahun 2021 tentang TTKM berbasis mikro dan pembentukan satgas posko Covid di desa. pungkasnya.

Jadi dasar hukumnya ada dua kita melaksanakan, sebenarnya yang kedua ini baru saja muncul karena situasi pandemi Covid. Katanya.

Perkembangan desa hasil evaluasi di desa dan kelurahan, dapat menghasilkan desa cepat berkembang, desa berkembang dan kurang berkembang, yang meniti beratkan adalah penilaian profil desa dengan perencana pembangunan desa, dan inovasi desa serta goverment tentang pelayanan pemerintah yang ada di desa. Jelasnya.

Ditanya soal gambaran hasil analisisnya di Buteng, Syaifullah mengatakan terdapat keunikan yaitu ruang isolasi Covid tingkat desa, termaksud adanya rumah dinas (Rujab) Kepala desa.

“Terdapat 198 desa se Sultra baru saya lihat
Di desa napa. Saya tidak pernah dengar rumah jabatan kepala desa” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Napa. Abdul Aziz Ansar mengatakan siap dari berbagai bentuk penilaian, semuanya atas kerja sama masyarakat desa dan semua pihak, dan tentunya selalu mematuhi protokol kesehatan. Tutupnya.(Rudi ard)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button