MegapolitanRagamTNI Dan Polri

Puluhan Wartawan Situbondo Demo Tolak Kekerasan terhadap Jurnalis Oleh Oknum Walpri Menteri KKP RI

BeritaNasional.ID,JAKARTA – Puluhan aliansi wartawan di Kota Situbondo menggelar aksi solidaritas didepan Mapolres Situbondo, mereka mendesak agar polisi mengusut dan menindak tegas tindakan kasar oknum pengawal pribadi (Walpri) Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono terhadap seorang jurnalis di Situbondo. Rabu 17/03/2021.

Perwakilan wartawan saat menggelar Zainal Ali Musthofa mengatakan, para wartawan dari sejumlah media di Kota Situbondo sengaja mendatangi Mapolres untuk mendukung petugas agar menindak tegas tindakan arogansi pengawal pribadi Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono yang kasusnya sudah dilaporkan ke Polres Situbondo.

“Tindakan arogan tiga oknum Walpri Menteri KKP RI terhadap wartawan JTV Situbondo itu, menghalangi tugas wartawan yang telah melakukan tugas jurnaistik. Itu melanggar UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Oleh karena itu, kami meminta kepada polisi untuk menindak tegas tiga oknum Walpri tersebut,” ujar Zainal Ali Musthofa.

Sebelumnya Ketua IJTI Tapal Kuda, Tomy Iskandar  sangat menyesalkan dan mengutuk keras  sikap arogansi pengawal Menteri Kelautan dan Perikanan. Karena, tindakan yang semestinya tidak perlu terjadi itu menghalangi tugas wartawan yang sedang melakukan tugas jurnalistik.

“Kami mengutuk keras tindakan arogan oknum pengawal Menteri KP RI. Ini jelas melecehkan profesi jurnalis,” ucapnya.

Kapolres Situbondo AKBP Achmad Imam Rifai di depan puluhan wartawan dari sejumlah media di Kabupaten Situbondo mengatakan, pihaknya akan mendalami dan menindaklanjuti laporan tersebut.

“Kami meminta kepada rekan – rekan wartawan untuk menghormati proses yang sedang kita lakukan. Tentu saja proses ini butuh waktu. Namun percayakan kepada kami, kita akan jalankan secara prosedural, sehingga semua pihak medapat kepastian hukum dan keadilan yang seharusnya,” kata Achmad Imam Rifai.

Dirinya berjanji, kepolisian akan bekerja secara professional terkait laporan dugaan tindak pidana terhadap profesi wartawan, dengan korban wartawan JTV Situbondo Andi Nurkholis.

“Kita akan menindaklanjuti proses laporan wartawan tersebut. Kami akan bekerja secara profesional dan akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang mendorong wartawan,” tegas Achmad Imam Rifai.

Dengan membentangkan puluhan poster hujatan, sebagai bentuk  solidaritas terhadap insiden kekrasan yang menimpa Andi Nurkholis wartawan JTV Situbondo, mereka juga  menggeletakkan id card dan kamera di jalanan depan Mapolres.

Tindakan arogasi  tiga Oknum pengawal Menteri KKP RI itu terjadi saat sejumlah wartawan yang bertugas di wilayah Situbondo mengambil gambar video maupun foto dari sisi samping kiri-kanan ketika Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo Nono Hartanto memaparkan budi daya udang vaname saat kunjungan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono ditambak melinial Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Selasa (16/3/2021) kemarin.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button