Bisnis

Banyak UMKM Terpuruk Akibat Pandemi, Dewan Kota Desak SKPD Jakarta Selatan Berikan Pendampingan

BeritaNasional.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Kota Jakarta Selatan Farid Rahman mendesak SKPD di Jakarta Selatan harus melakukan pendataan pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ) yang terdampak Pandemi Covid-19 dan diberikan solusi atas permasalahnnya.

Farid Rahman mempertegas jika UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. UMKM adalah ujung tombak perputaran ekonomi dalam negeri. sementara ditengah situasi tidak pasti di masa pandemi Covid-19, UMKM memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional.

“UMKM menyumbang 60,34 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menyumbang 58,18 persen dari total investasi. distuasi pandemi ini tak sedikit UMKM di jakarta Selatan ini terpaksa gulung tikar karena habisnya modal dan sepinya pembeli,”Paparnya.

Untuk dirinya mendesak SKPD di Jakarta Selatan segera melakukan pendataan pada UMKM yang terdampak dan diberikan solusi atas permasalahnnya mengingat saat ini ada banyak bantuan pemerintah pusat bagi para UMKM.

“Pendataan UMKM yang terdampak sangat prnting untuk dicarikan solusinya dan divalidasi agar bisa mendapatkan bantuan. Mumpung banyak bantuan untuk UMKM ada dari pemerintah pusat, jangan hanya diam menunggu pelaku UMKM yang datang,”Ucapnya.

Farid juga mengatakan tidak semua pelaku UMKM mengerti cara mendaftarkan diri untuk terdaftar sebagai penerima bantuan sehingga pihak – pihak terkait itulah yang turun membantu agar jumlah UMKM di Jakarta Selatan tidak semakin menghilang.

“Kondisi pelaku UMKM saat ini sedang terpuruk. Mereka butuh suntikan semangat selain permodalan. meski pandemi, kan bisa memberikan pelatihan dengan sistem daring atau dengan membagikan video pengajaran atau pelatihan wirausaha,’’Lanjutnya.

Dirinya meminta pada semua warga di Jakarta Selatan untuk bisa mengadu ke Dewan Kota manakala menghadapi persoalan tertentu yang berdampak bagi masyarakat.
“Apalagi bila warga sudah mengadu ke SKPD terkait ataupun Kelurahan dan Kecamatan tak segera ditindak lanjuti aduan tersebut, silahkan adukan ke kami Dewan Kota, kami akan membantu mempertanyakannya ke pihak terkait,”Janjinya.

Related Articles

Back to top button