Ragam

Pemkab Melawi Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional Saat Pandemi Covid-19

MELAWI, KALBAR, BernasJakarta.ID – Pemerintah daerah kabupaten Melawi melalui dinas terkait mendukung program pemerintah pusat terkait dengan ketahanan pangan nasional disaat pandemi covid-19.

Dikatakan oleh Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen bahwa, untuk meningkatkan kemampuan ketersediaan pangan khususnya di kabupaten Melawi melalui dinas terkait giat melakukan penyuluhan tentang tanaman pangan.

“Bagaimana kita juga tidak mengharapkan ke masalah tanaman padi saja tetapi masyarakat dianjurkan untuk mengembangkan tanaman pangan lainnya,” ujar Kluisen pada Jumat (3/9/2021) kepada awak media ini.

Kluisen katakan, melalui Dinas Pertanian sudah menyampaikan kepada masyarakat untuk menggalakkan beberapa tanaman lain seperti singkong jagung lalu ubi jalar sebagai tambahan cadangan pangan selain beras.

“Disektor perkebunan di kabupaten Melawi komoditas tanaman kelapa sawit dan karet juga menjadi sumber penghasilan masyarakat setempat,” paparnya.

Kluisen menyebutkan bahwa, ketidak jelasan waktu kapan pandemi akan berakhir berpotensi mengganggu ketersediaan, stabilitas, dan akses pangan.

“Hal yang paling dikhawatirkan jika kondisi ini terus berlangsung adalah terjadinya krisis pangan,” papar Kluisen.

Oleh karena itu, pihaknya (Pemkab Melawi) menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 saat ini menjadi salah satu program prioritas.Masyarakat juga harus mendukung.

“Ternyata, peluang di sektor pertanian ini luar biasa apalagi didukung dengan cara dan teknik yang tepat tentu harapannya dapat dilakukan secara masif di lingkungan masyarakat,” tutupnya.(Fyan/Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button