Politik

Muslim Ingatkan Bantuan Alsintan Jangan Jadi Milik Ketua Kelompok Tani

BernasJakarta.ID, ACEH TAMIANG – Bantuan alat pertanian (Alsintan) yang disalurkan pemerintah untuk kepentingan para anggota kelompok tani dan masyarakat petani yang berada sekitar kelompok tani tersebut.

“Bantuan yang diberikan oleh pemerintah, jangan jadi milik Ketua Kelompok Tani secara pribadi. Namun untuk keberlangsungan bantuan tersebut harus ada yang mengelolanya,” tegas anggota DPR RI Muslim SHI, MM dalam sambutannya dalam kegiatan penyerahan alat pertanian untuk sejumlah kelompok tani yang berada dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Penyerahan secara simbolis tersebut berlangsung di halaman belakang kantor Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan setempat, Jumat (13/8/2021).

Muslim mengingatkan, agar alsintannya bisa bertahan lama serta manfaatnya dapatĀ  dirasakan oleh para anggota kelompok tani maupun masyarakat tani lainnya, maka kelompok tani harus dikelola dan dirawat sebaik mungkin.

“Alsintan yang disalurkan pada tahun ini saya melihat kualitasnya bagus, karena sebelumnya telah kami sampaikan kepada instansi terkait di pemerintahan pusat agar bantuan diberikan sesuai dengan kondisi alam, terutama di Aceh,” ungkap Muslim.

Menurutnya penyampaian perihal kualitas ke intansi terkait di pemerintah pusat karena sesuai informasi berkembang sebelumnya ada bantuan yang disalurkan tidak dapat di manfaatkan secara maksimal karena kurang sesuai dengan kondisi alamnya.

Walaupun demikian Muslim meniti harapan kepada kelompok tani agar benar – benar memanfaatkan bantuan saran dan prasarana pertanian yang sudah disalurkan pemerintah.

” Bantuan alsintan yang dibagikan ini juga tidak terlepas peran serta dari Kadistanbunnak Aceh Tamiang yang membangun komunikasi secara kontinyu untuk memperoleh alsintan bagi petani daerah ini,” sebut Muslim.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Yunus, SP pada kesempatan itu menyebutkan, adapun bantuan alat pertanian yang disalurkan untuk kelompok tani yaitu sembilan unit handtarktor, satu unit traktor roda empat, dua unit cultivator, dua mesin pompa air serta beberapa unit handsparyer.

” Dimasa pandemik Covid-19 ini hanya sektor pertanian yang masih bertahan, tetapi harus juga di dukung dengan alat pertanian yang dirasakan masih sangat dibutuhkan petani Kabupaten Aceh Tamiang, ” terang Yunus sembari mengharapkan kepada anggota DPR RI, Muslim SHI, MM kedepannya bisa menyalurkan lebih banyak lagi bantuan alsintannya.

Kadistanbunnak ini sangat mengharapkan kepada para ketua kelompok tani yang menerima bantuan alsintan tersebut agar dipergunakan sebaik – baiknya mungkin sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh semua anggota kelompok.

” Hanya sekedar saya ingatkan, bila ada kelompok yang tidak mengelola secara baik, termasuk perawatannya, maka bantuan alsintan ini bisa dialihkan untuk kelompok tani lainnya yang membutuhkan,” tegas Yunus.

Pada penyerahan bantuan alsintan dari Kementrian Pertanian RI tersbut juga turut hadir anggota DPRK Aceh Tamiang, Saiful Sofyan, Ketua KTNA Aceh Tamiang, D Yogi Syahputra, para Kabid di lingkungan Distanbunnak Aceh Tamiang dan para penyuluh pertanian.[].

Berita ini sudah ditayang di : BeritaNasional.ID

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button