Ragam

26 Mahasiswa Terima Baret Menwa Dari Bupati Tegal

BernasJakarta (TEGAL) – Sebanyak 26 mahasiswa menerima baret Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahadipa Yudha XLIV dari Bupati Tegal Umi Azizah. Mereka terdiri atas 17 orang mahasiwa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama (STKIP NU) Tegal dan sembilan orang mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Mandala Husada (STIKes Bhamada) Slawi. Upacara pembaretan yang berlangsung di halaman kantor Sekretariat Kabupaten Tegal, Jumat (19/03/2021) dihadiri sejumlah pejabat dari unsur TNI.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tegal saya mengucapkan selamat kepada Menwa baru yang telah berhasil menempuh jenjang pra pendidikan dasar dan pendidikan dasar resimen hahasiswa Mahakarta di Secaba Magelang,” kata Umi.

Menurutnya, pembaretan ini merupakan tahapan akhir untuk memantapkan calon anggota baru sebelum menjadi anggota resimen mahasiswa yang seutuhnya. Umi pun menegaskan jika Menwa adalah kader tunas bangsa yang terlatih dan siap sedia dalam bela negara, mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sihankamrata).

“Setelah ditempa dengan serangkaian latihan dan pendidikan ilmu keprajuritan, ilmu kepimimpinan, maka kini kalian adalah bagian dari generasi mahasiswa unggul, kader pemimpin masa depan yang memiliki fungsi ganda sebagai komponen cadangan pertahanan negara,” ujarnya.

Kehadiran Menwa, lanjut Umi, sangat diperlukan sebagai filter di tengah situasi kebangsaan saat ini yang dihadapkan pada persoalan serius intoleransi, diskriminasi, kekerasan berbasis etnis agama, radikalisme hingga terorisme. Sementara kebebasan komunkasi di ruang sosial media, tidak sedikit yang menyalahgunakannya untuk menyebarkan hal negatif seperti berita bohong dan ujaran kebencian.

Umi berpandangan jika generasi muda sekarang masih harus banyak belajar untuk menerima setiap perbedaan. Baik itu perbedaan keyakinan, perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan. Tujuannya agar terbangun kehidupan toleransi yang semakin baik di kalangan calon penerus estafet pembangunan di negeri ini.

“Saya titip pesan kepada para Menwa Mahadipa Yudha agar terus menanamkan semangat patriotisme dan cinta tanah air, karena nilai-nilai luhur ini harus terus digaungkan dan dijalinkan dalam kehidupan generasi muda demi terwujudnya masa depan bangsa Indonesia yang tangguh, bersatu, sejahtera, lahir dan batin,” tandas Bupati.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button