Ragam

Banjir Genangi Pemukiman Warga di Jatibarang Brebes Akibat Meluapnya Kali Pemali

BernasJakarta (BREBES) – Kali Pemali kembali meluap dan menyebabkan banjir di sejumlah RT di RW. 3 Dukuh Bayur, Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jumat siang (26/2/2021).

Dari keterangan Danramil Jatibarang, Kapten Inf Kunpriyanto, bahwa dari pemantauan situasi dan kondisi di lokasi, sampai dengan pukul 13.15 WIB, limpasan air terus meningkat sehingga menyebabkan banjir di daerah pemukiman warga setempat setinggi 25-50 centimeter.

“Banjir akibat limpasan air Kali Pemali mulai terjadi sejak pukul 11.00 WIB dan menggenangi Dukuh Bayur di RT. 11, 13, 14, dan RT. 15. Untuk kerugian jiwa dan material sementara nihil,” ungkapnya.

Walaupun sempat menimbulkan kepanikan warga, air berangsur-angsur surut mulai pukul 15.30 WIB.

Masyarakat Jatibarang dan sekitarnya berharap agar pihak terkait segera melakukan peninggian tanggul Kali Pemali untuk mencegah terjadinya banjir susulan.

Pihaknya juga sedang melakukan koordinasi dengan segenap elemen di Jatibarang guna melakukan upaya darurat, yaitu mempertebal dan meninggikan titik tanggul tempat limpasan air dengan karung berisi tanah/pasir dan pemasangan patok kayu maupun bambu.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button