MegapolitanRagam

Pasca Terjadi Ambles, Jalur Menuju OW Guci Kembali Normal

BernasJakarta (TEGAL) – Peristiwa amblesnya Jalan Raya Kalibakung-Guci pada Sabtu dini hari (13/2/2021) pukul 01.30 WIB, di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, yang menjadi akses menuju Obyek Wisata Guci kembali normal, setelah dilakukan perbaikan secara cepat oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tegal, Sabtu (13/2/2021) sore.

Sebelumnya, Bupati Tegal Umi Azizah mendapat laporan warga soal jalan ambles hari Sabtu (13/2/2021) pagi. Ia pun segera memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.

“Begitu mendapatkan laporan warga, saya langsung telpon kepala DPU untuk mengecek jalan ambles ini. Responnya pun cepat dan langsung ditangani. Ini bisa dilihat dari progresnya yang sudah hampir selesai. Pokoknya kita kejar supaya bisa dilalui dulu dan masyarakat bisa melewatinya dengan aman. Soal nyaman nanti kalau sudah tanahnya sudah lebih stabil,” ujar Umi.

Sementara disampaikan oleh Kepala DPU Kabupaten Tegal Heri Suhartono, bahwa begitu mendapat instruksi dari Bupati Tegal, ia bersama jajarannya langsung bergerak memantau kerusakan jalan. Menurutnya, kondisi tanah di ruas jalan ambles ini masih terus bergerak. Indikasinya, patahan jalan semakin melebar. Untuk mengatasi ini, pihaknya akan terus memantau selama satu minggu ke depan.

“Meskipun jalan ini sudah bisa dilewati, tapi warga pengendara tetap harus berhati-hati dan sabar karena perbaikan yang kami lakukan sifatnya masih darurat, masih sementara menggunakan material urugan pasir dan batu,” tutur Heri.

Ditambahkan, jika kondisi tanah sudah tidak lagi bergerak, pihaknya akan mengganti urugan tersebut dengan material permanen seperti aspal dua lapis.

“Seminggu ini masih kita pantau, kalau tanahnya sudah stabil, perkiraan satu minggu lagi sudah kami lapisi dengan bahan-bahan yang kuat dan permanen,” tandasnya.*

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button