Ragam

Dua Jembatan dan 36 Rumah Rusak Akibat Diterjang Banjir Bandang

Berita Nasional.ID, Jakarta – Akibat banjir bandang yang terjadi di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang Jawa timur, pada ( 1 / 02 / 2021 ) Menyebabkan dua Jembatan penghubung antar kampung terputus, akibat dihantam banjir bandang dan 36 rumah penduduk rusak, 15 diantaranya mengalami rusak parah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Banjaragung. Hasan Sulaiman. Kepada awak media selasa ( 02 / 02 / 2021 ). Menurut Hasan Sulaiman, banjir bandang itu menerjang dua dusun , yaitu dusun Banjaragung dan dusun Banjarejo , rumah warga yang rusak atau diterjang air bah, rata – rata berdekatan dengan aliran sungai pakel yang melintas di Desa Sumberagung dan sebagaian wilayah Kecamatan Bareng.

Akibat terputusnya dua jembatan tersebut. Akses transportasi warga antar kampung juga putus , selain itu , banyak ternak dan perabot rumah tangga yang hanyut terbawa arus banjir. ” Fasilitas umum dua jembatan yang rusak. Korban jiwa tidak ada, sedang keluhan wargs , banyak peralatan rumah tangga yang hanyut dan rusak ” kata Hasan Sulaiman.

Banjir bandang terjadi pada hari senin sehabis magrib , berasal dari luapan sungai Pakel. Kasnan , salah sseorang warga yang terdamoak banjir, mengatakan sebel air menerjang rumahnya, jembatan yang berada di sebelah timur rumahnya terlebih dahulu mengalami kerusakan, banjir yang menggenangi rumahnya berlangsung begitu cepat , banjir tersebut mencapai ketinggian 1 meter , tembok sisi timur rumahnya roboh diterjang banjir.

Kasnan tampak sibuk membenahi rumahnya yang rusak . Namun ia merasa bersyukur tak ada korban jiwa, akibat banjir tersebut. ” Ayam ternak saya hilang semua tapi alhamdulillah yang penting semua selamat ” katanya.

Akibat banjir tersebut , puluhan warga Desa Banjaragung, gotong royong membersihkan sampah bambu yang tersangkut di kolong jembatan . Selain itu , sebagaian warga juga membersihkan lumpur di beberapa rumah terdampak banjir. ( Mukti abadi )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button