Ragam

PUPR Gayo Lues Akan Terus Berupaya Memperbaiki Kondisi Jalan Rusak

Gayo Lues-JAKARTA.BERITANASIONAL.ID-Kondisi jalan rusak sering kali menjadi permasalahan, terutama menyangkut akses lalu lintas masyarakat maupun soal peningkatan perekonomian. Memang tidak bisa dipungkiri, kondisi jalan rusak terdapat banyak di daerah-daerah terutama akses pada daerah dengan kondisi cuaca extrim. Apalagi, baru-baru daftar kerusakan ruas jalan terus menerus bertambah. Hal ini, tentu disebabkan oleh bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah, salah satu contohnya di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.

Dari banyaknya kejadian bencana hingga berujung pada kerusakan akses jalan, publik secara langsung seringkali menyudutkan pihak PUPR di Kabupaten, sebelum terlebih dahulu memahami status akses jalan tersebut, yang tentunya memiliki kewenangan dari berbagai pihak.

Pun demikian, Pemerintah Daerah melalui Dinas PUPR Kabupaten Gayo Lues akan terus berupaya memaksimalkan dan memperbaiki kondisi jalan yang rusak, “sepanjang jalan itu, merupakan kewenangan kabupaten,” terang Kepala Bidang Binamarga PUPR Kabupaten Gayo Lues, Amin Tujung, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (23/01/2021).

Tentunya, ktidak semua akses jalan menjadi tanggungjawab PUPR Gayo Lues dalam memperbaikinya. Selain menjadi wewenag kabupaten, ada wewenag Provinsi dan Pusat.

“Perlu juga, kami sampaikan bahwa beberapa ruas jalan yang bukan merupakan wewenang Kabupaten, seperti Jalan Blangkejeren-Batas Abdya, dan Blangkejeren-Batas Aceh Timur, Itu merupakan wewenang Provinsi,” jelasnya.

Didampingi itu, ruas jalan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, seperti Ise-Ise dan Umah Buner.

Dirinya menjelaskan, pemerintah Kabupaten khususnya Dinas PUPR tidak dapat melakukan pemeliharaan jalan dan jembatan yang merupakan bukan kewenag mereka, walaupun bersifat sangat urgen.

“Meskipun demikian, jika terjadi sesuatu di ruas jalan tersebut, kami selalu berkoordinasi dengan pihak provinsi maupun pusat,” jelas Amin Tujung.

Mengingat kondisi cuaca ekstrim saat ini, dirinya melalui pemerintah  daerah juga menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati jika ingin bepergian terutama ke luar daerah, dikarenakan ada beberapa ruas jalan yang rusak, serta dihimbau tidak melakukan perjalanan pada malam hari.(Abu Bakri)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button